5 Tips Membuat Video Time-Lapse dengan Smartphone

Kamu pernah melihat video metamorfosa ulat menjadi kupu-kupu dalam waktu singkat? Atau pemandangan dengan langit yang berubah dari pagi, siang, sore, malam, dengan sangat cepat? Keren, kan? Seolah-olah waktu dapat dipersingkat hingga peristiwa yang berlangsung berjam-jam, bahkan berhari-hari dapat disaksikan dalam beberapa detik saja.


Namun, sebenarnya pembuatan video semacam itu membutuhkan waktu yang panjang. Kamera diletakkan dalam posisi yang tetap untuk memotret satu kali setiap beberapa detik, menit, atau jam tergantung durasi hasil video yang diinginkan. Kemudian, gambar yang telah terkumpul disatukan menjadi sebuah video. Teknik fotografi inilah yang disebut time-lapse.

Saat ini, smartphone juga bisa digunakan untuk membuat video time-lapse. Misalnya iPhone dengan iOS 8 ke atas, atau ASUS ZenFone menggunakan PixelMaster Camera. Bisa juga menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Untuk membuat video time-lapse yang keren, jelas tidak bisa asal-asalan. Nah, kali ini Jaka mau berbagi tips untuk membuat video dengan teknik time-lapse.

1. Perencanaan

Gagal merencanakan sama aja dengan merencanakan kegagalan. Kamu harus tahu dulu video seperti apa yang ingin kamu buat. Tentukan tema, obyek, lokasi, dan durasi video time-lapse kamu dengan baik.

2. Pastikan Baterai Full

Isilah daya baterai smartphone kamu hingga penuh. Atau colokin aja ke Powerbank kalau kamu butuh durasi lebih lama. Nggak lucu kan kalo lagi ngerekam sunset, tapi pas mataharinya baru turun, smartphone kamu malah low-batt.

3. Gunakan Tripod

Kamu yakin sanggup megangin smartphone kamu selama berjam-jam tanpa ngerasa pegal? Yakin hasil videonya nggak akan goyang gara-gara tangan kamu gemetaran? Nah, tripod adalah senjata paling penting dalam membuat video time-lapse. Sebab dengan tripod, smartphone kamu akan berada di posisi yang tetap dalam waktu lama. Kecuali kesenggol!

4. Pilih Angle Terbaik

Selama proses perekaman, kamu nggak bisa lagi mengubah posisi kamera smartphone ke arah yang lain. Bahkan, sebisa mungkin jangan sentuh smartphone kamu! Jadi, pilihlah angle kamera terbaik yang bisa kamu dapatkan. Sediakan waktu lebih lama untuk mencari angle yang benar-benar pas, tapi jangan sampai kehilangan momentum ya!


5. Pengaturan Umum Kamera dan Fokus


Sesuaikan resolusi kamera, filter, ISO, white balance, exposure, dan sebagainya dengan pengaturan yang optimal sesuai kebutuhan. Fokus kamera juga harus sangat akurat. Kamu bisa nangis bombay kalau sudah bikin video seharian tapi hasilnya nge-blur.

Nah, setelah baca tipsnya, sekarang waktunya kamu bikin video time-lapse paling keren versi kamu sendiri. Selamat berjuang!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " 5 Tips Membuat Video Time-Lapse dengan Smartphone"

Post a Comment